Senin, 28 April 2014

NAMA            : ANNISAA RIA TRI YUNITA
KELAS            : 1TB04
NPM               : 21313158
TUGAS           : ILMU BUDAYA DASAR


1. Tuliskan dan Tafsirkanlah 1 Lagu Populer yang Menuliskan Lirik Tentang Indonesia pusaka!

Indonesia Pusaka - Ismail Marzuki

Indonesia tanah air beta
Pusaka abadi nan jaya
Indonesia sejak dulu kala
Tetap di puja-puja bangsa

Di sana tempat lahir beta
Dibuai dibesarkan bunda
Tempat berlindung di hari tua
Tempat akhir menutup mata

Sungguh indah tanah air beta
Tiada bandingnya di dunia
Karya indah Tuhan Maha Kuasa
Bagi bangsa yang memujanya

Indonesia ibu pertiwi
Kau kupuja kau kukasihi
Tenagaku bahkan pun jiwaku
Kepadamu rela kuberi


Tafsir dari lagu tersebut: tafsir yang bisa kita terima dari lagu tersebut adalah bahwa lagu tersebut mengingatkan kita bahwa Negara Indonesia adalah sebuah Negara yang luhur dan besar, di Indonesia kita semua dilahirka dan dibesarkan, di Indonesia tempat kita semua berlindung, tidak ada yang lebih indah dari Indonesia. Jadi, dalam lagu tersebut menunjukkan bahwa kita sebagai bangsa Indonesia harus menghormati dan menjunjung tinggi bangsa Indonesia.


2. Seandainya saya menjadi CALEG (Calon Legislatif), apa yang saya lakukan?
Jika saya menjadi caleg, saya akan menjadi wakil rakyat yang memiliki dedikasi tinggi, tanggung jawab kepada rakyatnya, jujur, serta memiliki loyalitas kepada masyarakat daerah yang saya wakili.

3. Apa tanggapan dan jalan keluar mengenai Lokalisasi?

Lokalisasi Bangunsari Surabaya direncanakan bakal tutup tahun ini. Pasalnya, dana kucuran dari Kementrian Sosial sebesar Rp. 459 juta dianggap mampu 'memandirikan' ratusan PSK (Pekerja Seks Komersial) yang ada di wilayah tersebut. PSK untuk keluar dari jeratan dunia hitam dengan membuka usaha lain seperti warung kelontong, warung nasi, dan sebagainya.

Sebelumnya, tambah Khoirun, IDEAL dengan gencar sudah memberikan sentuhan rohani kepada PSK agar memiliki keinginan keluar dari jalan maksiat. Ia pun bersama anggota IDEAL lainnya akan membujuk PSK untuk memanfaatkan dana dari Kementrian Sosial tersebut. Jika mereka sudah mengajukan diri, maka IDEAL dengan Dinas Sosial Pemerintah Kota Surabaya akan melakukan pelatihan-pelatihan keterampilan dan bisnis, kemudian baru memulangkan PSK ke kampung halaman.

Lebih lanjut Khoirun mengatakan, pihaknya yakin lokalisasi Bangunsari tahun ini bisa ditutup. Karena permintaan dan pernyataan sikap dari para PSK sudah banyak. Mereka juga sangat mengharapkan bantuan dana itu untuk membuka usaha.

Seperti yang diungkapkan Tina (38), seorang PSK yang sudah beroperasi di Bangunsari selama 7 tahun. Ia mengaku, sudah beberapa bulan terakhir hatinya tersentuh ingin keluar dari dunia maksiat. Namun niat itu terpaksa ia tunda karena belum ada rencana usaha lain selain menjadi wanita penghibur.

"Sekarang waktu yang tepat, saya akan gunakan uang dari pak Menteri buat buka usaha warung kelontong," kata Tina di sela-sela acara penerimaan bantuan dana oleh Kementrian Sosial kunjungan di Lokalisasi Dupak Bangunsari, Kecamatan Krembangan, Jumat (17/2).

Menteri Sosial Republik Indonesia, Salim Segaf Al-Jufri yang melakukan kunjungan ke Bangunsari mengatakan, pemberian bantuan dana kepada wanita rawan sosial ekonomi sangat diperlukan agar mereka dapat mandiri dan dapat meninggalkan pekerjaannya saat ini dengan membuka usaha.

Sebelum berkunjung ke Bangunsari, Mensos terlebih dahulu melakukan pertemuan dengan Walikota Surabaya beserta jajarannya di Balaikota Surabaya. Dalam kesempatan itu, Salim memaparkan bahwa pemerintah jangan hanya sekadar melakukan pembinaan dan memulangkan PSK. Tetapi juga harus melakukan pendampingan saat PSK sudah menjalankan usaha yang baru.

Pemerintah Kota, menurutnya, harus terus memantau pelaksanaan usaha yang dilakukan PSK tersebut. Bahkan kalau perlu, mendampingi hingga mendapat pekerjaan selain berwirausaha. "Yang lebih sulit itu kan pendampingan, tujuannya agar mereka tidak kembali lagi 'berjualan' jika usaha yang mereka lakukan tidak berhasil," ucap Salim.

Menteri Sosial juga berharap agar segenap masyarakat beserta kelembagaan lain untuk lebih sinergis bersama-sama mengentaskan permasalahan sosial yang ada. Salah satunya dengan tidak melakukan diskriminasi terhadap PSK saat kembali ke masyarakat.
Drs H Khoirun Syaib, Wakil Ketua IDEAL (Ikatan Dai Area Lokalisasi) mengatakan, dana tersebut akan disalurkan kepada 153 PSK yang saat ini masih 'beroperasi' di Bangunsari. 
"Masing-masing akan mendapatkan sekitar Rp. 3 juta," ujarnya.
Dana itu kemudian akan digunakan


Tanggapan: tanggapan saya sangat positif terhadap apa yang dilakukan kementrian sosial tersebut. mengapa? karena hanya dengan cara-cara tersebut setidaknya bisa membubarkan tempat-tempat lokalisasi dan saya berharap itu semua berjalan di semua tempat lokalisasi yang ada di Indonesia dan berjalan lancar tanpa adanya hambatan sedikitpun.

Jalan Keluar: menurut saya jalan keluar untuk membubarkan lokalisasi yang ada, yaitu
- kerja sama antara pemerintah dengan warga disekitar tempat lokalisasi tersebut yang merasa terganggu dengan tempat tersebut. misalnya: bekerja sama untuk mengadakan penyuluhan-penyuluhan mengenai bahaya dari seks bebas, mengadakan siraman-siraman rohani terhadap PSK yang ada pada tempat tersebut
- untuk pemerintah sendiri sebaiknya untuk memberikan lapangan pekerjaan untuk para PSK tersebut sehingga mereka tidak akan kembali ke pekerjaan lamanya. tetapi, saya harapkan lapangan pekerjaan tersebut beroperasi dengan baik sehinggak PSK tidak akan kembali ke tempat tersebut
- pada intinya lokalisasi tidak akan merebak, apabila tidak ada pelaku pembentukan lokalisasi tersebut dan semua wanita bisa menjaga diri agar tidak terbawa hasutan dan berfikir panjang untuk kedepannya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar